9 Cara Mengobati Penyakit Malaria

Cara Mengobati Malaria. Semua orang beranggapan bahwa malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, padahal penyebab penyakit utama malaria adalah parasit Plasmodium yang di bawa dan ditularkan oleh nyamuk ketika nyamuk tersebut menghisap darah Kita. Berbeda denegan demam berdarah, malaria masih bisa ditangani secara alami. Karena itulah kita akan berbagi informasi cara mengobati penyakit malaria.
Cara Mengobati Malaria
(c) pixabay
Bila Anda terserang malaria, ada beberapa tanda-tanda seperti demam, timbul bercak merah dan masih banyak lainnya. Bila Anda terindikasi terkena malaria, Anda bisa melakukan beberapa penanganan dengan obat tradisional. Berikut adalah beberapa informasi dari sumber kutipan infokesehatan.com, mengenai cara mengobati penyakit malaria secara alami, berikut ulasannya.

Cara Mengobati Malaria


  1. Buah anggur
    Bila Anda menderita malaria, Anda bisa mengkonsumsi buah anggur. Anggur bermanfaar untuk meredakan kegiatan virus malaria. Kandungan gizi dalam anggur mampu menyembuhkan penderita dari malaria. Anda bisa mengkonsumsi anggur dengan makan langsung atau bisa juga membuatnya menjadi jus anggur. Namun jangan diberi es batu atau tambahan air dingin.

  2. Jeruk
    Jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, hal ini juga yang membantu tubuh membentuk daya tahan. Anda bisa membuat jus jeruk dan meminumnya sehari 3 kali tanpa es dan air dingin. Jeruk mampu meredaka panas akibat malaria.

  3. Daun Pepaya
    Daun pepaya juga mampu mengobati malaria, cara membuat jamu daun pepaya adalah dengan merebus daun pepaya kemudian anda minum sari daun pepaya untuk mengeluarkan racun malaria dan membentuk kekebalan tubuh agar lebih kuat.

  4. Kayu Manis
    Langkah berikutnya untuk mengobati penyakit malaria adalah dengan mengkonsumsi air kayu manis. Kayu manis mampu mengobati malaria, namun bila Anda kurang begitu suka dengan aroma wedang kayu manis Anda bisa menambahkan madu ataupun lemon sebagai perasa agar wedang kayu manis tidak terlalu pahit. Bila Ana ingin membuat wedang kayu manis, cukup meresbusnya kemudian saring airnya dan minumlah wedang kayu manis selagi hangat. Dengan demikian panas yang Anda derita akan berangsur-angsur sembuh.

  5. Daun Kemangi
    Bagi Anda pecinta daun kemangi Anda bisa menggunakan daun ini sebagai obat untuk meredakan panas akibat malaria. Anda bisa merebus daun kemangi dan meminum airnya atau dengan makan daun kemangi sebagai lalapan namun dengan jumlah yang lebih banyak.

  6. Daun Sambiloto
    Cara berikutnya untuk mengobati malaria adalah dengan menggunakan daun sambiloto. Cara membuat ramuan ini yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan temu hitam dan batang pule. Rebus semua bahan kemudia saring airnya setelah matang, dan segera minum selagi hangat.

  7. Brotowali
    Batang brotowali mampu mengobati penyakit malaria, hal ini dikarenakan rasa pahit dalam brotowali mampu menjadi detoks dalam tubuh dan menghilangkan racun malaria. Cara membuatnya yaitu dengan merebus brotowali, temulawak dan batang pule, seperti biasa rebus semua bahan kemudian minum airnya.

  8. Temulawak
    Temulawak dipercaya mampu mengobati penyakit malaria, cara membuat obat dari temulawak adalah dengan merebus temulawak dengan tambahan madu sebaga perasa manis, setelah itu minum airnya. Selain mengobati malaria, temulawak mampu melindungi tubuh Anda dari masuk angin.

  9. Daun Pare
    Daun pare juga memiliki kemampuan untuk mengobati malaria, cara yang digunakan pun sama yaitu dengan merebus daun pare kemudian minum sari airnya.

Demikian yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit malaria, tips tradisional masih dipercaya mampu menyembuhkan penyakit malaria. Anda juga harus tahu penggunaan yang benar dari beberapa bahan diatas untuk mengatasi penyakit yang dibawa oleh nyamuk ini.