Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Lupus

Penyakit Lupus. Tahukah Anda mengenai penyakit lupus ? Penyakit yang menyerang bagian sistem otak. Bisanya saraf yang akan mengalami kelainan. Untuk itu kami akan membagikan sedikit informasi yang berkaitan dengan penyakit lupus agar semua orang tahu akan keberadaan penyakit ini. Sehingga diharapkan Anda semua bisa melakukan pencegahan. Dalam bahasan kali ini kita akan membahas yang berkaitan erat dengan penyebab penyakit lupus, ciri atau gejala penyakit lupus hingga penanganan yang tepat untuk penyakit lupus.
Cara Mengobati Lupus
foto: sehatalamiku
Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang terkena penyakit lupus, dari sumber artikel hariansehat.com dijelaskan bahwa ada faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan seseorang mengalami sakit lupus. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, dibawah ini kami jelaskan beberapa penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit lupus yang perlu Anda ketahui.


Penyebab Penyakit Lupus


  1. Gaktor genetik
    Anda harus tahu bahwa lupus adalah sejenis penyakit keturunan ataupun terdapat beberapa kelainan pada genetik seseorang. Lupus tidak disebabkan oleh virus apalagi bakteri. Penyakit ini bisa terjadi karena ada riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit ini.

  2. Faktor lingkungan
    Yang kedua adalah karena faktor lingkungan. Bila Anda hidup di lingkungan tidak sehat dan bahkan bisa membuat daya tahan tubuh melemah, maka Anda bisa berpotensi mengalami penyakit lupus.

  3. Faktor hormon
    Gaktor yang ketiga dari penyebab penyakit lupus adalah karena hormon. Bila hormon seseorang tidak berfungsi dengan baik bahkan mengalami kelainan juga bisa menyebabkan penyakit lupus.

Ketiga hal itulah yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit lupus, selanjutnya kami akan membagikan informasi yang berisi gejala atau ciri-ciri penyakit lupus yang bisa dlihat. Dan bila Anda merasakan tanda-tanda dibawah ini, Anda harus segera check up dan memastikan keadaan Anda.


Gejala Penyakit Lupus


  1. Sakit pada bagian sendi
    Lupus adalah penyakit yang menyerang saraf dan merusak sistem persendian manusia, oleh karena itulah bila seseorang menderita penyakit lupus biasanya mereka akan mengalami sakit pada bagian sendi.

  2. Demam dalam waktu yang lama
    Selain itu si penderita juga akan mengalami demam dalam waktu yang lama.

  3. Mudah merasa lelah
    Mudah lelah bisa menjadi indikasi akan adanya lupus dalam tubuh seseorang.

  4. Bercak merah pada kulit
    Bercak merah dikulit menjadi indikator seseorang yang menderita penyakit lupus.

  5. Kejang-kejang
    Kejang-kejang akibat demam yang terlalu lama juga harus diwaspadai bila seseorang itu akan menderita penyakit lupus.

  6. Sakit kepala
    Sakit kepala yang tidak hilang dan terasa berat membuat orang terkadang tidak tahu bahwa hal tersebut adalah salah satu tanda bahwa penyakit lupus sudah menyerang tubuh.

  7. Stroke
    Dan bila lupus tidak segera ditangani akan mengakibatkan stroke bagi penderitanya.

  8. Keguguran
    Sedangkan untuk ibu hamil, mereka akan mengalami keguguran.


Cara Mengobati Lupus


Ada beberapa cara untuk mengatasi penyaki lupus yang kita peroleh dari sumber kutipan mediskus.com. Ada banyak hal yang masih bisa dilakukan sehingga Anda tidak perlu putus asa, karena pada dasarnya setiap penyakit ada untuk disembuhkan. Yuk simak beberapa cara mengatasi penyakit lupus dibawah ini.

  1. Obat anti malaria
    Obat malaria dipercaya bisa menyembuhkan penyakit lupus, obat malaria bisa meredakan demam dan panas yang diderita oleh penderita lupus. Anda juga bisa membeli obat ini di apotek sesuai dengan resep dokter. Selain itu ada beberapa efek samping yang harus Anda waspadai seperti sakit perut dan kerusakan retina.

  2. Obat kortikosteroid
    Obat kedua ini bisa menyembuhkan penyakit lupus karena bisa melawan peradangan yang dialami oleh penderita lupus. Namun juga harus tetap diwaspadai pengkonsumsian obat seperti ini dalam jangka panjang bisa menyebabkan beberapa kerusakan seperti obesitas, osteoporosis, tekanan darah tinggi hingga menderita penyakit diabetes.

  3. Obat penekan kekebalan tubuh
    Obat penekan kekebalan tubuh ini bermanfaat untuk mengatasi daya tahan tubuh yang melemah dan efektif dalam mengobati penyakit lupus. Namun masih ada efek samping jangka panjang yang bisa dirasakan oleh penderita seperti mual hingga diare dan kerusakan hati.

  4. Obat anti inflamatori non steroid
    Obat NSAID atau biasa dikenal sebagai Non Steroid Anti Inflamatory Drugs merupakan jenis obat yang bisa membantu mengobati penyakit lupus. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan mudahnya, karena obat ini dijual bebas, untuk mendapatkan dosis yang benar Anda bisa minta resep dokter sehingga yang Anda minum sesuai dengan takaran Anda. Namun sayang ada beberapa efek samping yang terjadi bila kita sering mengonsumsi obat ini, salah satunya adalah pendarahan lambung, masalah ginjal dan resiko terkena serangan jantung.

Itulah keempat obat yang biasa digunakan oleh para penderita lupus untuk mengobati penyakit yang mereka alami. Namun sayang, dalam menggunakan obat tersebut masih terselip efek samping yang bisa menyebabkan penderita mengalami penyakit lain dan beberapa kerusakan tubuh. Sebelum membeli obat diatas, disarankan bagi Anda untuk periksa ke dokter ahli penyakit lupus sehingga Anda mendapatkan solusi atas apa yang Anda derita selama ini. Dengan begitu Anda bisa sembuh.

Hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan lupus dalam waktu cepat, karena penyakit ini merupakan penyakit keturunan yang sedikit lebih sulit penanganannya. Namun Anda tidak boleh putus asa karena semua pasti bisa diatas, sugesti Anda untuk sembuh juga merupakan salah satu faktor kesembuhan yang bisa Anda dapatkan. Jadi tetap semangat untuk Anda yang sedang menderita penyakit lupus. Pasti ada jalan untuk kesembuhan Anda, hanya saja Anda tidak boleh menyerah, selalu aktif dalam bertanya dengan dokter bagaimana penyembuhan dan perawatan selanjutnya.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda dan bagi Anda yang tidak mengalami penyakit lupus setidaknya Anda memiliki referensi baru mengenai penyakit yang ada sehingag bisa melakukan pencegahan sejak dini. Sekian artikel dari kami, nantikan beberapa tulisan bermanfaat lainnya yang berguna untuk kesehatan Anda dan keluarga.