16 Penyebab Penyakit Mimisan dan Cara Mengobatinya

Penyebab Mimisan dan Obatnya. Mimisan adalah salah satu kelainan yang terjadi pada hidung dan mengakibatkan keluarnya darah dari lubang hidung. Biasanya mimisan dialami oleh anak-anak. Faktor utama terjadinya mimisan adalah karena kecapekan atau kelelahan.

Kali ini kita akan membahas mengenai penyeba-penyebab mimisan yang terjadi pada manusia. Hal ini dirasa penting karena ada banyak anak yang mengalami mimisan. Jadi sebenarnya mimisan adalah hal wajar, Anda tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan. Karena biasanya mimisan merupakan suatu gejala dari penyakit yang menyerang anak-anak.
Penyebab Mimisan
(c) wikipedia
Namun karena yang keluar adalah darah, biasanya orang tua merasa khawatir dan segera memeriksakan anak mereka. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai penyebab mimisan. Berikut adalah penyebab mimisan yang kapan saja bisa terjadi pada anak Anda.


Penyebab Mimisan


  1. Trauma
    Trauma bisa menyebabkan seseorang mengalami mimisan. Misalnya saja bila anak Anda suka mengorek hidung dengan keras yang mengakibatkan luka dan pendarahan pada hidung. Selain itu trauma akibat jatuh dari kendaraan atau kecelakaan juga merupakan faktor yang menyebabkan seseorang mengalami mimisan.

  2. Akibat mengonsumsi obat-obatan
    Tahukah Anda bila Anda atau anak Anda sering mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa mengakibatkan mimisan. Biasanya terjadi pada mereka yang masih berada pada masa penyembuhan dan hal ini terjadi karena kandungan zat kimia yang ada pada obat yang sedang dikonsumsi untuk kesembuhan penderita. Namun untuk kategori kedua ini biasanya mimisan terjadi selama kurang lebih 20 menit, lebih lama daripada mimisan akibat faktor lainnya. Penyakit berat yang dialami penderita biasanya juga memicu timbulnya mimisan.

  3. Kelainan pada pembuluh darah
    Pembuluh darah yang mengalami kelainan sering menyebabkan munculnya mimisan dihidung. Misalnya pembuluh darah yang Anda miliki menyempit atau ada beberapa jaringan pembuluh darah yang mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan darah keluar dari hidung.

  4. Penyakit pada kardiovaskular
    Faktor keempat yang menyebabkan seseorang mimisan adalah karena penyakit kardiovaskular. Penyakit ini menyerang pembuluh darah manusia, biasanya orang yang menderita penyakit diabetes, nefritis, dan arterioklerosis yang mengalami mimisan. Untuk mereka yang mengalami penyakit seperti yang telah disebutkan diatas harus mendapatkan penanganan yang serius karena mimisan yang mereka derita bisa berbahaya atau suatu pertanda bahwa penyakit mereka semakin parah.

  5. Perubahan suhu
    Perubahan suhu menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya mimisan, biasanya anak-anak tidak kuat dengan perubahan suhu yang sedang terjadi. Sehingga banyak dari mereka yang bermain diluar kemudian mengalami mimisan. Suhu panas yang tiba-tiba berubah menjadi dingin membuat suhu tubuh anak-anak tidak stabil dan menyebabkan seorang anak mengalami mimisan.

  6. Infeksi
    Infeksi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami mimisan adalah infeksi akibat penyakit demam berdarah, influenza dan beberapa penyakit lain. Infeksi yang terjadi dalam tubuh seseorang menyebabkan reaksi hebat pada tubuh sehingga mengakibatkan darah keluar dari lubang hidung. Biasanya untuk penderita demam berdarah yang sudah sangat parah akan mengalami mimisan pada hidung dan hal ini sangat berbahaya karena bisa mengganggu keselamatan si penderita.

  7. Hormon yang terganggu
    Dan hal terakhir yang menjadi penyebab seseorang mengalami mimisan adalah karena perubahan hormon atau akibat hormon yang terganggu. Biasnaya terjadi pada perempuan yang sedang hamil dan perempuan yang memasuki masa monopause. Mereka sering mengalami mimisan namun hanya sebentar.


Cara Mengobati Mimisan


Berikut adalah cara mengatasi mimisan dari bidanku.com yang bisa Anda jadikan panduan atau pedoman ketika menangani Anak Anda yang mengalami mimisan. Karena seperti yang kita tahu mimisan bisa datang kapan saja tanpa ada indikasinya.

  1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan berusaha membujuk anak Anda untuk duduk, hal ini bertujuan agar posisi hidung lebih tinggi daripada jantung. Jangan pernah menyarankan anak untuk tidur terlentang, hal ini justru berbahaya untuk kondisi si anak karena darah yang mengalir bisa lebih deras dan bahkan bisa tertelan.

  2. Atau Anda bisa memposisikan anak Anda dengan posisi badan agak membungkuk kedepan, kemudian berikan arahan untuk anak Anda agar ia bernafas menggunakan mulut untuk sementara waktu.

  3. Setelah itu tekan bagian pucuk hidung selama kurang lebih 5 menit agar darah bisa keluar dan tidak terhambat didalam.

  4. Anda bisa juga menyediakan kompres untuk anak Anda, hal ini bertujuan untuk menghambat aliran darah dari dalam agar tidak semakin deras keluar.

  5. Apabila Anda telah melakukan beberapa cara diatas dan mimisan masih keluar, Anda bisa menekan kembali bagian pucuk hidung dengan jangka waktu lebih lama yaitu sekitar 10 menit.

  6. Dan bila hal diatas sudah Anda lakukan namun pendarahan masih keluar dari hidung, bawalah anak Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif. 

Demikian adalah cara untuk mengatasi penderita yang mengalami mimisan, untuk selanjutnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan jangan sampai Anda lakukan saat menangani anak yang sedang mengalami mimisan berikut ulasannya.

  1. Jangan pernah menyuruh anak untuk tidur, atau menundukkan kepala. Jangan sampai anak Anda menengadah keatas dengan posisi hidung diatas, hal ini sangat beresiko terhadap mimisan yang semakin parah. Ingat 3 hal ini yang tida boleh dilakukan oleh penderita yang mengalami mimisan.

  2. Salah satu cara untuk mengatasi mimisan adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih berguna untuk menghentikan darah yang keluar dari hidung. Caranya pun cukup mudah hanya dengan mencuci daun sirih yang telah bersih kemudian Anda masukkan kedalam lubang hidung yang mengeluarkan darah secara perlahan.

  3. Cara lain yang bisa Anda lakukan ketika menangani anak yang sedang mengalami mimisan adalah menggunakan es batu. Ambil es batu yang telah dipotong menjadi beberapa bagian kecil kemudian Anda letakkan di sarung tangan dan Anda taruh dihidung sang anak. Rasa dingin dari es batu ini mampu mengecilkan pembuluh darah sehingga bisa membuat darah berhenti. 

Pada intinya adalah posisi terbaik yang bisa dilakukan saat anak Anda mengalami mimisan yaitu dengan duduk tegak dan tenang. Jangan panik yang bisa membuat sang anak justr merasa ketakutan. Tetap tenang dan lakukan beberapa rahan diatas, bila beberapa langkah diatas mampu membantu Anda untuk menghentikan mimisan di hidung anak Anda, maka Anda tidak perlu membawa buah hati ke dokter karena seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa mimisan adalah hal wajar namun perlu kita waspadai.

Demikian adalah penyebab utama seseorang mengalami mimisan dan cara mengobati mimisan secara alami, Anda tidak perlu takut karena hal ini wajar. Kenali dulu faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengalami mimisan sehingga Anda tahu penanganan yang tepat untuk si penderita.