Penyebab dan Gejala Penyakit Diabetes atau Kencing Manis

Penyakit Kencing Manis. Kencing manis adalah penyakit yang sering dialami oleh penduduk Indonesia. Biasanya mereka yang berusia sekitar 30 tahun keatas yang mengalami penyakit ini. Penyakit kencing manis beresiko untuk menjadi penyakit diabetes. Intinya dalam tubuh seseorang yang mengalami kencing manis adalah seseorang yang memiliki jumlah gula dalam darah melebihi kadar biasanya sehingga gula tersebut merusak sistem tubuh dan bahkan menyebabkan kerusakan organ.
Penyebab Kencing Manis
(c) pixabay
Kali ini akan kita sampaikan mengenai penyebab penyakit kencing manis yang diambil dari hariansehat.com sehingga Anda bisa belajar dari informasi ini bahwa banyak hal yang berkaitan dengan kencing manis yang belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Berikut adalah penyebab penyakit kencing manis. Sebenarnya ada 2 macam jenis kencing manis, baik itu tipe 1, tipe 2 dan tipe lanjut.


Penyebab Kencing Manis


  1. Penyebab kencing manis tipe 1. Penyakit diabetes jenis ini disebabkan oleh sistem imun yang tidak normal sehingga tida bisa menyerang virus yang masuk. Sehingga vrus tersebut menyerang hormon insulin. Bila hormon insulin tidak diatasi maka akan menyebabkan penumpukan gula dalam aliran darah.

  2. Penyebab penyakit kencing manis tipe 2, disebabkan oleh sel yang justru resisten terhadap hormon insulin. Hal inilah yang menyebabkan kondisi pankreas tidak mampu untuk menghasilkan hormon insulin yang pada akhirnya membuat gula menumpuk di sepanjang peredaran darah.

  3. Dan penyebab penyakit kencing manis gastational adalah karena plasenta memproduksi hormon untuk menopang kehamilan, hal ini hanya terjadi pada ibu hamil. Dan hormon yang diproduksi tadi adalah hormon yang kebal terhadap insulin sehingga menyebabkan pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Karena itulah gula dalam darah menumpuk dan tidak mampu diserap oleh sel.

Gejala Kencing Manis

Setelah mengetahui penyebab penyakit kencing manis, berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda rasakan ketika menderita penyakit kencing manis.

  1. Gejala kencing manis tipe 1
    Ada tahap 1 biasanya dialami oleh anak-anak. Gejalanya adalah si anak akan merasakan flu. Selain itu si anak akan lebih sering buang air kecil, sering merasakan haus dan minum, berat badan kurang dari ukuran normal, dan mudah lelah.

  2. Gelaja kencing manis tipe lanjut
    Sedangkan gejala yang terjadi pada diabetes lanjut adalah si penderita akan mengalami penurunan berat badan akibat berkurangnya nafsu makan, sering mengalami kesemutan dan bila mempunyai luka akan susah sembuh atau kering.

  3. Gejala kencing manis pada perempuan
    Dan gejala yang terkahir dari kencing manis pada perempuan adalah infeksi yang terjadi di saluran vagina yang membuat perempuan mengalami keputihan dengan bau dan jumlah yang tidak wajar, selain itu mereka akan lebih mudah lelah serta mengalami gangguan fungsi hormonal. Selain itu si perempuan akan lebih mudah depres dan memiliki jumlah kolesterol yang lebih tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa gula dalam tubuh sangat dibutuhkanyang berguna sebagai energi untuk tubuh, bahkan gula didapat dari makanan dan hati. Gula yang berasal dari mkanan akan diserap kealiran darah yang dubantu dengan hormon insulin yang berguna untuk mengatur metabolisme karbohidrat. Hormon ini diproduksi oleh bagian tubuh pankreas. Pankreas butuh waktu untuk memproduksi homon insulin dan melepaskan gula dalam bentuk energi. Bila kadar gula dalam darah berlebihan maka pankreas akan kesulitan dan kuwalahan dalam membentuk hormon insulin sehingga menyebabkan darah teracuni oleh gula dan keadaan tubuh tidak seimbang bahkan menyebabkan penyakit kencing manis atau diabetes.