Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Keputihan. Keputihan adalah salah satu kelainan yang terjadi dibagian organ intim perempuan. Keputihan dianggap tidak wajar karena dapat mengganggu kesehatan si penderita. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami keputihan. Dalam hal ini kami akan menyampaikan banyak informasi mengenai penyebab-penyebab keputihan yang bisa terjadi pada perempuan. 
Penyebab Keputihan
(c) pixabay
Alasan kami membagikan informasi mengenai faktor yang menyebabkan keputihan ini adalah karena informasi mengenai keputihan harus dipahami oleh semua perempuan agar mereka tahu benar bagaimana agar terhindar dari keputihan. Bersumber dari seksualitas.net ada lima penyebab keputihan yang menyerang organ intim perempuan. Simak baik-baik informasi dibawah ini agar Anda tidak terkena keputihan dan mengetahui tanda-tanda keputihan.


Penyebab Keputihan


  1. Infeksi jamur
    Penyebab utama terjadinya keputihan dalam vagina perempuan adalah karena infeksi jamur. Vagina perempuan adalah tempat yang lembab dan serin terkena air saat buang air. Selain itu perempuan selalu mengalami menstruasi sebulan sekali yang menyebabkan ada banyak jamur yang masuk dan tumbuh disekitar vagina. Bila Anda mengalami keputihan karena infeksi jamur biasanya akan keluar cairan berwarna putih seperti gumpalan dan rasanya sangat gatal. Selain itu rasa panas juga terasa disekitar vagina yang dsertai dengan rasa nyeri dibagian kandung kemih. Rasa nyeri ini biasanya mulai terasa saat seseorang melakukan hubungan seksual.

  2. Infeksi parasit
    Sedangkan penyebab keputihan yang kedua adalah karena nfeksi parasit. Berbeda dengan jamur, keputihan yang disebabkan karena parasit memiliki tanda-tanda berbeda. Misalnya saja keluar cairan berwarna kuning kehijaun yang teksturnya kental dan baunya sangat menyengat. Bau tidak ini berasal dari parasit yang tinggal diarea vagina. Selain itu biasanya cairan keluar dalam bentuk busa. Perempuan yang mengalami keputihan biasanya mengalami rasanyeri saat melakukan hubungan intim dan terjadi pendarahan diluar fase menstruasi. Bila Anda mengalami keadaan seperti ini segeralah pergi ke dokter dan meminta bantuan yang cepat agar tidak terjadi hal yang lebih parah lagi.

  3. Infeksi bakteri
    Faktor yang menyebabkan terjadi keputihan pada kaum perempuan adalah bakteri. Bakteri sangat mudah menjangkiti daerah vagina perempuan. Biasanya bakteri tinggal dalam darah kotor akibat menstruasi, selain itu faktor kebersihan menjadi penunjang utama. bila Adna mengalami keputihan yang disebabkan oleh bakteri Anda akan menemukan keputihan dengan warna keabu-abuan yang teksturnya lebih encer, baunya amis. Biasanya bau ini juga yang menyebabkan mentruasi seseorang memiliki bau tidak sedap. Bila Anda mengalami keputihan karena bakteri biasanya Anda merasakan perih dan rasa gatal seperti panas terbakar didaerah vagina.

  4. Indikator kanker
    Alasan keempat penyebab keputihan adalah indikator adanya kanker dalam vagina seseorang. Biasanya keputihan disertai dengan cairan yang berwarna coklat, kemudian keluar bercak darah pada mulut vagina dan berbau busuk. Indikator keputihan karena ada indikasi kanker biasanya berlangsung dalam jangka lama yang menyebabkan rasa nyeri saat melakukan hubungan seksual.

  5. Alergi
    Sedangkan penyebab terakhir dari terjadinya keputihan dalam organ vagina perempuan adalah karena alergi. Biasanya alergi ini disebabkan karena tidak cocok dengan krim, cairan, wangi-wangian yang Anda berikan disekitar vagina. Ciri-ciri vagina yang alergi dan menyebabkan keputihan adalah terdapat cairan encer yang berada disekitar kemaluan, rasanya sangat gatal seperti panas terbakar. Selain itu bintik merah terdapat dibagian vagina yang disertai dengan rasa nyeri.

Demikian adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang perempuan mengalami keputihan. Hal yang paling penting adalah Anda harus bisa menjaga kesehatan dan kebersihan organ vital Anda agar tidak terkena beragama bakteri, jamur atau hal lain yang bisa menimbulkan efek keputihan. Baca juaga Cara Mengobati Keputihan.