Jenis dan Penyebab Penyakit Meningitis

Penyakit meningitis kini menjadi penyakit yang sedang hangat diperbincangkan oleh publik, hal ini dikarenakan banyak kasus yang menyebabkan para penderitanya harus kehilangan nyawa mereka. Penyakit meningitis adalah penyakit yang menyerang bagian otak manusia. Bila tidak segera ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa menjadi mesin pembunuh untuk si penderita.
Penyebab Penyakit Meningitis
foto:metrotvnews
Untuk itu kami mengungkapkan kepedulian kami melalui artikel yang akan kami bahas yaitu penyebab penyakit meningitis, sehingga Anda bisa mengambil pelajaran, informasi dan beberapa hal yang berkaitan erat dengan penyakit ini.

Mari simak penyebab penyakit meningitis yang dikutip dari bidanku.com dengan beberapa informasi lain yang bermanfaat untuk pengetahuan Anda. Sebelum lanjut ke beberapa penyebab penyakit meningitis, kita terlebih dahulu akan memberikan informasi mengenai penyakit meningitis.

Cara Meningitis Menyerang Manusia


Penyakit meningitis adalah penyakit yang menyerang lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang sehingga menimbulkan efek eksudasi yang berbentuk pus atau seroas dan kedua hal ini bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Penyakit meningitis disebabkan oleh makhluk kecil bernama mikroorganisme, se kanker, jamur, obat-obat tetentu dan beberapa luka fisik yang menyebabkan infeksi pada tubuh.

Yang diserang oleh beberapa jenis bakteri atau virus yang dijelaskan diatas adalah bagian otak yang berdekatan dengan sumsum tulang belakang yang mengakibatkan penderita harus dioperasi dan biasanya menyebabkan kecacatan fisik seperti susah bergerak, kelainan saraf bahkan hingga kematian. Penderita meningitis harus mendapatkan penanganan yang serius karena bila tidak bisa menyebabkan kematian.



Faktor Penyebab Penyakit Meningitis


  1. Virus
    Karena virus berbahaya yang bisa menyebabkan selaput jaringan otak tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Akibat dari kegiatan virus jahat ini, otak bisa mengalami kemampuannya dalam melakukan beberapa perintah sehingga membuat seseorang memiliki penurunan kemampuan belajar, kurangnya kemampuan untuk mendengar dengan jelas bahkan menyebabkan resiko kematian.

  2. Daya Tahan Tubuh Melemah
    Meningitis menyerang mereka yang memiliki kesibukan aktivitas sehingga daya tahan tubuh mereka lemah dan mudah diserang oleh virus ini, selain itu penderita HIV AIDS juga berpeluang menjadi penderita meningitis.


Jenis Penyakit Meningitis


  1. Meningitis viral Untuk kategori meningitis viral tidak terlalu parah dan tidak menyebabkan luka serius pada jaringan selaput otak, hanya saja menyebabkan si penderita mengalami kejang-kejang.

  2. Meningitis bakteri. Sedangkan untuk penderita meningitis bakteri cukup berbahaya dan bisa mengakibatkan kerusakan otak.

Demikian adalah pembasah mengenai penyakit meningitis yang harus Adna waspadai. Anda harus peka terhadap perubahan tubuh dan keadaan dalam tubuh Anda. Biasnaya penderita meningitis awa mengalami sakit kepala luar biasa pada bagian kepala dan terasa ingin pingsan. Selain itu Anda bisa mengalami kejang-kejang hebat yang mengakibatkan Anda tidak sadarkan diri. Bila Anda mengalami 2 gejala tersebut ada baiknya bila Anda memeriksaka diri kedokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Jangan menyerah atau malu dengan keadaan, Anda harus mau berusaha berobat dan mencapai kesembuhan. Hal ini penting karena Anda harus bisa melawan penyakit yang sudah merusah sistem otak dan keseimbangan dalam sumsum tulang belakang. Untuk Anda yang baru saja mengetahui informasi mengenai penyakit meningitis bisa berhati-hati dan lebih waspada dalam melakukan berbagai kegiatan sehingga daya tahan tubuh Anda tetap terjaga dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.