Inilah yang Menjadi Penyebab Jerawat Tumbuh di Kulit

Penyebab Tumbuhnya Jerawat. Selalu ada bermacam hal yang bisa kita dapatkan dari masalah kulit satu ini, Jerawat sebenarnya adalah hal wajar yang bisa terjad pada manusia yang telah mencapai umur remaja. Namun terkadang ada banyak masalah yang terjadi akibat adanya jerawat, seperti membuat orang menjadi kurang percaya diri dan minder.
Penyebab Jerawat
(c) wikipedia
Ada jerawat yang tumbuh banyak dan susah untuk dihilangkan, ada jerawat yang bernanah dan masih banyak lainnya. Kali ini kita akan lebih banyak membahas mengenai penyebab jerawat pada wajah. Hal ini kita sampaikan agar Anda bisa belajar banyak untuk mencegah hal-hal yang bisa memicu timbulnya jerawat. Berikut adalah penyebab jerawat diwajah.


Penyebab Jerawat 


  1. Efek samping dari Stress
    Penyebab jerawat tumbuh adalah akibat dari stres, berpikiran negatif dan depresi. Hal ini bisa terjadi karena hormon yang bekerja dalam tubuh Anda bisa memicu timbulnya jerawat. Biasanya bila Anda banyak pikiran dan stres karena ada banyak permasalahan yang harus diatasi, Anda akan menjumpai banyak jerawat diwajah Anda. Hal ini sangatlah alamiah, jadi jerawat bisa juga menjadi pertanda tentang apa yang Anda rasakan saat itu.

  2. Karena Faktor Keturunan atau Genetik
    Faktor kedua adalah karena keturunan. Bila Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki banyak jerawat diwajah, maka hal serupa bisa juga Anda alami. Karena ternyata jerawat juga bisa diturunkan. Untuk yang satu ini Anda bisa mencegahnya dengan terus menjaga kebersihan wajah dan jangan membiasakan menyentuh wajah dalam keadaan tangan kotor.

  3. Karena Aktivitas hormon ataupun akibat penurunan hormon pada wanita
    Hormon sangat mempengaruhi timbulnya jerawat diwajah, seperti hormon esterogen dan progesteron pada perempuan. Selain itu masih banyak hormon lain yang menyebabkan seorang perempuan mengalami jerawat. Bisa jadi karena hormon ini mengalami penurunan ataupun akibat aktivitas si hormon itu sendiri.

  4. Akibat hormon testosteron pada pria
    Sedangkan untuk laki-laki, jerawat biasanya dipicu oleh hormon testosteron, hormon yang hanya dimiliki oleh pria ini membuat kalangan pria memiliki jreawat. Akibat aktivitas hormon inilah para laki-laki mempunyai jerawat diwajah.

  5. Disebabkan oleh kelenjar minyak yang sangat aktif (Hiperaktif)
    Sedangkan alasan yang selanjutnya adalah karena adanya kelenjar minyak yang aktif. Kulit berminyak cenderung lebih rentan timbul jerawat dibandingkan dengan yang wajah kering. Jadi wajah berminyak merupakan media yang tepat untuk tumbuhnya jerawat. Untuk itu jangan lupa untuk merawat kulit wajah yang berminyak agar tidak berjerawat.

  6. Terdapat bakteri pada pori-pori kulit
    Adanya bakteri akibat debu dan polusi juga mengakibatkan adanya jerawat diwajah. Jadi bila anda telah pulang dari bermacam kegiatan, Anda bisa mencuci muka. Hal ini mencegah tumbuhnya bakteri jahat yang bisa mengakibatkan jerawat diwajah.

  7. Disebabkan oleh berbagai macam polusi udara
    Nah berkaitan dengan poin keenam tadi bahwa polusi udara sangat rentan membuat wajah berjerawat. Bila Anda hidup di kota besar yang tingkat polusinya cukup tinggi, Anda harus bisa merawat wajah dengan baik. Berbeda dengan mereka yang tinggal didesa, karena polusi juga meningkatkan iritasi pada kulit sehingga menimbulkan masalah jerawat.

  8. Akibat kita sering menggaruk wajah dan terjadi iritasi sehingga timbul jerawat
    Nah ini dia kebiasaan buruk kita yang jarang kita sadari. Menggaruk wajah disaat tangan dalam keadaan kotor bisa menyebabkan seseorang mengalami jerawat. Hal ini yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang sehingga menimbulkan iritasi wajah dan membuat wajah berjerawat. Perlu Anda perhatikan juga, menggaruk jerawat yang sudah tumbuh akan menimbulkan bekas jerawat meskipun jerawat sudah sembuh dan hilang.

Demikian adalah penyebab jerawat yang bisa Anda pelajari kemudian Anda ingat betul agar Anda tidak melakukan hal-hal yang justru memicu timbulnya jerawat diwajah. Baca Juga Cara Menghilangkan Jerawat.