5 Manfaat Luarbiasa Beras Hitam Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

Beras adalah satu makanan pokok yang ada di Indonesia, mayoritas penduduk Indonesia mengonsumsi beras untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi mereka. Tahukah Anda bila ada beberapa macam jenis beras ? Ada beras putih yang biasa kita makan, beras merah yang baik untuk kesehatan dan beras hitam yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu, dari ketiga jenis beras tersebut dibedakan berdasarkan warna, beras putih berwarna putih, beras merah berwarna merah dan beras hitam berwarna hitam.
Manfaat Beras Hitam
(c) pixabay
Dalam kesempatan kali ini kita akan membahasa mengenai beras hitam yang lagi booming karena manfaat dan khasiaatnya untuk kesehatan dan penyembuhan. Dari sumber artikel hariansehat.net berikut adalah manfaat beras hitam untuk kesehatan dan untuk mencegah berbagai macam penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh Anda.


Manfaat Beras Hitam


  1. Mencegah Kanker
    Manfaat beras hitam yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Dalam beras hitam terdapat kandungan bernama antosianin yang cukup tinggi dan membuat beras ini memiliki zat antioksidan yang cukup banyak untuk mencegah kanker dalam tubuh. Zat antioksidan tersebutlah yang berusaha melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker.

  2. Mencegah Diabetes
    Dan yang kedua, beras hitam bisa mencegah diabetes. Berbeda dengan beras putih yang biasa kita makan yang justru bisa menimbulkan penyakit diabetes. Beras hitam memiliki kalori yang lebih rendah dibandingan beras putih dan beras merah. Dengan memiliki nilai kalori yang rendah sama artinya dengan indeks glikemik yang rendah pula sehingga bila Anda mengonsumsi beras hitam tidak menyebabkan kenaikan gula dalam darah. Oleh karena itu beras hitam dipercaya bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes atau bahkan mereka yang belum terkena diabetes agar tidak terkena penyakit diabetes. Banyak orang yang mulai mengonsumsi beras hitam karena pada dasarnya beras ini sehat dan baik untuk kesehatan tubuh.

  3. Mencegah Darah Rendah
    Selain itu untuk Anda yang menderita darah rendah, Anda bisa mengonsumsi beras hitam untuk menormalkan tekanan darah Anda. Beras hitam memiliki kandungan zat besi dalam jumlah besar dan zat besi adalah salah satu unsur yang paling penting dalam tubuh manusia. Karena zat besi berkaitan langsung dengan hemoglobin dalam tubuh. Oleh karena itu bila Anda memiliki tekanan darah rendah, dan Anda berusaha mengonsumsi beras hitam maka darah Anda akan kembali normal karena mendapat asupan zat besi dalam jumlah banyak dari beras hitam tersebut.

  4. Mencegah Penyakit Jantung
    Kabar baik untuk Anda semua yang menderita penyakit jantung ataupun yang belum, beras hitam sangat baik dikonsumsi karena memiliki serat yang tinggi dan hal ini bisa menjaga sistem pencernaan Anda menjadi lebih baik lagi dan tidak akan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu zat gizi yang ada dalam beras hitam bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

  5. Menunda Penuaan Dini
    Setelah diketahui bahwa dalam beras hitam terdapat banyak antioksidan maka hal ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Dengan begitu tubuh Anda terlindungi oleh antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini akibat radikan bebas. Zat antioksidan aktif dalam membentuk sel-sel baru sehingga kulit lebih sehat dan lembab.

Selain itu ada banyak zat gizi lainnya yang terdapat dalam beras hitam seperti mineral dan protein. Pastinya gizi dalam beras hitam jauh lebih banyak dan lebih sehat dibandingkan dengan beras lainnya. Masalahnya adalah beras hitam memang agak jarang ditemui karena tidak banyak petani yang menanam beras hitam. Namun akhir-akhir ini beras hitam mulai terkenal dan populer untuk menjadi makanan sehat dalam mencegah beberapa penyakit.