7 Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin K. Bila terluka karena jatuh dan berdarah, biasanya luka tersebut akan kita beri obat kemudian luka yang berdarah tersebut akan sembuh dan mengering. Lalu apa jadinya bila luka tersebut susah mengering ? Apa yang menjadi penyebabnya ? Salah satu penyebab luka sukar mengering adalah karena kekurangan vitamin K.
Manfaat Vitamin K
foto: dbagus

Ya vitamin K adalah jenis vitamin yang sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka dan pembekuan darah. Bila seseorang kekurangan vitamin K dlam tubuh maka akan mengalami banyak luka dan darah sukar membeku. Hmm bahaya juga kan ?

Baca Juga:
Manfaat Vitamin E

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat vitamin K untuk kesehatan manusia. Informasi ini kami dapat dari hariansehat.com yang kemudian kami simpulkan menjadi beberapa poin penting mengenai manfaat vitamin K berikut ini.


Manfaat Vitamin K


  1. Membantu Proses Pembekuan Darah
    Jelas seperti yang telah diuraikan diatas dimana vitamin K mampu membantu tubuh untuk menyembuhkan luka serta membantu tubuh dalam pembekuan darah sehingga darah yang keluar bisa segera berhenti. Jika tidak memiliki vitamin K bisa jadi kita akan kehilangan darah dalam jumlah banyak. Kebayangkan betapa bahayanya tubuh jika kekurangan vitamin K ?.

  2. Membantu Pertumbuhan Tulang
    Nah kemudian vitamin K juga bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan tulang. Bukan hanya vitamin D yang bisa membantu tubuh untuk memadatkan tulang. Jadi vitamin K bisa membuat struktur tulang jadi lebih padat sehingga tulang menjadi kuat dan tidak mudah keropos.

  3. Mencegah Osteoporosis
    Sehubungan dengan manfaat vitamin K untuk menjaga kepadatan tulang, maka efeknya bagi tubuh adalah vitamin K bisa mencegah osteoporosis. Makanya bagi para lansia diharuskan memiliki kandungan vitamin K dalam tubuh yang tercukupi karena hal ini bisa membantu keroposnya tulang. Bila para lansia memiliki vitamin K yang terpenuhi bisa jadi mereka tetap sehat dan bisa berjalan dengan normal tanpa ada kendala akibat tulang keropos.

  4. Mencegah Diabetes
    Tahukah Anda bahwa vitamin K bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit diabetes ? Jadi vitamin K mampu mencegah diabetes karena vitamin K bersifat melawan diabetes dalam tubuh. Nah kita bisa nih mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K untuk mencegah diabetes menyerang tubuh kita.

  5. Mencegah Pendarahan di Hati
    Bila kita terlalu banyak mengonsumsi aspirin atau antibiotik berlebihan bisa mengakibatkan pendarahan dalam darah, nah untuk mengatas hal ini kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K sehingga pendarahan teratasi.

  6. Mencegah Penyakit Hemoragik
    Untuk jenis penyakit hemoragik, biasanya diderita oleh mereka para bayi yang memang sudah memiliki kelainan. Mereka yang menderita hemoragik dan mengalami pendarahaan. Cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengadung vitamin K. Dengan begitu sebagai seorang ibu yang memberikan ASI, maka ibu tersebut harus mengonsumsi banyak vitamin K sehingga tubuh bayi mendapat asupan vitamin K yang tercukupi dan akhirnya kelainan pada penyakit ini terobati.

  7. Mencegah Kanker
    Dan yang terakhir adalah vitamin K bisa menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit kanker. Jadi vitamin K mampu menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker jahat ini untuk masuk kedalam tubuh dan merasuk kedalam tubuh. Lebih spesifiknya, vitamin K bisa mencegah penyakit kanker hati dan paru-paru.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin K dari beberapa makanan seperti berikut ini. Konsumsilah makanan seperti kedelai, susu, hati, brokoli, sayuran hijau dan asparagus.