Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Tifus

Tifus atau Tipes adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan orang Indonesia, baik dari anak-anak hingga dewasa. Penyakit tipes terjadi karena bakteri yang dikenal dengan Salmonella Typusa. Bakteri yang tinggal di perut manusia ini menyebabkan seseorang menderita sakit tipes. 
Mencegah Penyakit Tifus
(c) morguefile
Dalam kesempatan kali ini kita akan membagikan informasi yang berkaitan dengan penyebab penyakit tipes dari sumber artikel hariansehat.net. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena tipes, berikut adalah penjelasannya.


Penyebab Penyakit Tifus


  1. Kelelahan
    Bila seseorang merasa kelelahan, biasanya mudah terserag berbagai macam bakteri dan virus. Karena daya tahan tubuh yang melemah tersebut, bakteri penyebab tips sangat mudah menginfeksi tubuh dan akhirnya kita bisa terkena penyakit tipes.

  2. Lingkungan yang tidak sehat
    Dan yang kedua adalah karena lingkungan tidak sehat. Penyakit tipes sering ditemukan di daerah kotor, karena bakteri tipes hidup di tempat yang kotor. Kuman atau bakteri tipes masuk melalui makanan kemudian masuk kedalam sistem pencernaan dan berkembang biak didalam usus sehingga menyebabkan seseorang mengalami beberapa gejala tipes.


Gejala Penyakit Tifus

Setelah mengetahui penyebab penyakit tipes, dibawah ini kami juga memberikan informasi yang berkaitan dengan gejala yang bisa dirasakan akibat sakit tipes.

  1. Mengalami panas dibadan dan perubahan suhu yang cukup tinggi, perubahan suhu ini biasa terjadi di malam atau sore hari. Biasanya kondisi panas di badan ini berlangsung selama 7 hingag 10 hari.

  2. Untuk tahap awal, biasanya si penderita akan merasakan tubuh yang lemah, sakit kepala, infeksi pada tenggorokan dan rasa yang tidak enak pada perut. Selain itu sembelit atau diare juga sering dialami oleh penderita tipes diawal-awal.

  3. Dan gejala yang terakhir adalah berat badan tubuh penderita tipes semakin menurun dan tingkat kesedaran juga menurun.


Cara Mencegah Tifus

Demikian adalah gejala yang biasa dirasakan atau dialami oleh penderita tipes. Untuk mencegah penyakit tipes Anda bisa melakukannya seperti tips yang kami bagikan dibawah ini.

  1. Makanlah makanan yang bersih dan sehat, karena makanan yang kotor biasa mengandung bakteri tipes.

  2. Jangan sampai kelelahan yang menyebabkan berat badan berkurang.

  3. Lakukan olahraga secara teratur.

  4. Makanlah buah dan sayuran yang seimbang dengan minum air putih yang cukup banyak.

Perlu Anda tahu bahwa penyakit tipes mudah kambuh, meskipun sudah lama Anda tidak menderita penyakit typhus, sewaktu-waktu tipes bisa kembali menyerang Anda. Untuk itu bagi Anda yang belum terkena penyakit tipes harus bisa menjaga diri dan lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan tertetnu.

Karea faktanya makanan adalah penyumbang terbesar seseorang menderita penyaki tipes. Bukan hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak yang rentan terkena penyakit tipes. Biasanya anak-anak suka makan makanan sembarangan yang mereka beli kemudian bakteri menginfeksi tubuh mereka dan mereka menderita penyakit tipes.

Tidak jauh berbeda dengan mereka yang sudah dewasa, banyak orang dewasa yang juga tidak bisa menjaga asupan makanan mereka sehingga menyebabkan mereka terkena tipes. Penyakit tipes sebenarnya mudah untuk disembuhkan hanya saja dibutuhkan waktu yang cukup lama sehingga si pasien atau penderita bisa beraktivitas normal kembali. Karena seluruh energi telah habis dan tidak memiliki daya tahan tubuh.

Dengan begitu sekarang Anda tahu bagaimana caranya mencegah dan menghindari penyakit tipes. Berhati-hati dan selalu waspada adalah langkah tepat untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena penyakit tipes.