Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Sakit Maag

Siapa yang belum pernag terkena penyakit maag ? Atau mungkin Anda sangat rentan terkena penyakit maag ? Sudahkah Anda tahu mengapa Anda terkena penyakit maag ? Maag sangat mudah menyerang manusia, karena penyakit ini mengganggu lambung sebagai salah satu sistem penernaan, maka banyak orang yang mengeluhkan penyakit maag, dikarenakan penyakit maag sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas setiap hari.
Cara Mengobati Sakit Maag
(c) wikipedia
Di kesempatan kali ini kita akan membahas penyebab penyakit maag yang banyak dderita oleh masyarakat Indonesia. Banyak hal yang menyebabkan seseorang menderita penyakit maag dan informasinya telah kami rangkum dari sumber hariansehat.net. Selain membahas penyebab sakit maag dalam artikel kali ini kita juga akan memberikan informasi seperti ciri atau gejala orang yang menderita maag. Yuk simak penjelasan dibawah ini.


Penyebab Penyakit Maag


  1. Sering makan namun tidak teratur. Misalnya saja makannya banyak tapi jarang dan jamnya tida sesuai dengan jam makan normal pada biasanya. Orang yang sibuk biasa terkena penyakit maag karena makannya tidak teratur.
  2. Telat makan juga menjadi penyebab seseorang menderita sakit maag. Telat makan membuat asam lambung meningkat dan memicu terjadinya penyakit maag.
  3. Makan dengan porsi yang terlalu banyak juga menjadi penyebab seseorang mednerita sakit maag.
  4. Makan makanan tapi tidak mengunyah dengan baik juga menyebabkan seseorang menderita maag.
  5. Stres dan depresi menjadi faktor selanjutnya mengapa seseorang menderita sakit maag.
  6. Pola tidur yang tidak teratur seperti telat tidur, jarang tidur juga menyebabkan seseorang terkena penyakit maag.
  7. Kebiasaan buruk mengonsumsi alkohol juga menyebabkan lambung seseorang terkena maag.
  8. Makanan pedas menjadi sumber penyakit maag selanjutnya, banyak orang yang suka dengan makanan pedas dan pada akhirnya menderita sakit maag.
  9. Adanya bakteri dalam lambung yang bisa membuat infeksi sehingga menyebabkan sakit maag.


Gejala Penyakit Maag

Dari 9 penyebab sakit maag harus Anda analisa dan Anda pahami betul karena beberapa kebiasaan buruk diatas sering kita lakukan dan membuat seseorang mengalami sakit maag. Untuk selanjutnya kami akan membagikan informasi mengenai gejala sakit maag.

  1. Perut kembung seperti masuk angin dalam jangka waktu yang cukup lama.
  2. Merasakan nyeri dan perih disekitar perut dan dada.
  3. Sering sendawa.
  4. Merasakan mual dan ingin muntah, baik sebelum ataupun sesudah makan.
  5. Kondisi tubuh yang mulai melemah

Bila Anda merasakan beberapa gejala diatas, Anda telah mengalami sakit maag dan Anda wajib segera untuk berobat agar maag tidak semakin parah serta merusak lambung Anda. Biasanya orang yang menderita sakit maag dianjurkan untuk mengonsumsi obat maag yang wajib diminun sebelum makan dengan kisaran waktu kurang lebih 2 jam. Tujuan dari aturan ini adalah agar obat maag tersebut menetralisir lambung sehingga ketika Anda makan tidak akan merasakan perih di lambung.

Jagalah makan Anda, jangan telat dan makan dengan teratur. Sakit maag bisa menimbulkan penyakit lain di lambung. Bila Anda memiliki penyakit maag, Anda akan terbatas dalam melakukan aktivitas karena lambung yang sakit serta rasa yang sangat perih dibagian lambung.

Cobalah untuk memenuhi asupan gizi dengan baik dan lindungilah lambung Anda. Karena bila tidak Anda bisa terkena penyakit maag dan akibatnya Anda tidak bisa sembarang makan makanan tertentu. Karena lambung yang sensitif bisa menyebabkan seseorang mengalami maag kronis. Baca Juga Cara Mengobati Sakit Maag.