Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit ISPA

Setelah beberapa minggu lamanya terdengar kabar bahwa di beberapa daerah terjadi kebarakan khususnya di Pulau Sumatra, menyebabkan seluruh masyarakat Indonesia berduka. Banyak diantara mereka yang menjadi korban akibat pembakaran lahan dan hutan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Faktanya hampir setiap tahun di daerah tertentu terjadi kebakaran yang mengakibatkan kerugian. Bukan hanya kerugian secara materi namun juga secara fisik.
Penyakit ISPA
foto: infogadogado
Banyak masyarakat yang menderita sakit khususnya sakit di saluran pernafasan atau kita kenal sebagai penyakit ISPA. Kita semakin prihatin melihat kenyataan bahwa bukan hanya lahan dan udara yang kotor akibat ulah kriminal ini namun juga melibatkan beberapa masyarakat sehingga mereka terkena penyakit, dari balita hingga orang dewasa terkena penyakit sesak napas dan beberapa serangan penyakit lainnya.

Sehubungan dengan adanya kejadian tentang pembakaran hutan dan menyebabkan penyakit ispa. Seperti di kutip dari aladokter, berikut ini kami akan membagikan informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit ISPA.


Apa Itu ISPA?

Penyakit ISPA adalah penyakit yang menyerang sistem pernafasan, ISPA sendiri adalah singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Jadi intinya adalah seseorang yang mengalami sakit atau gangguan pernapasan akut akibat polusi udara. Biasanya udara yang tidak sehat akan menyerang bagian pernapasan seperti tenggorokan, saluran udara, paru-paru bahkan juga bagian atau organ dalam paru-paru. Hal ini menyebabkan banyak orang sesak napas, susah untuk mendapatkan oksigen sehingga harus mendapatkan penanganan segera.


Penyebab Penyakit ISPA

Perlu Anda ketahui, penyebab utama terjadinya penyakit ISPA adalah karena lingkungan tidak sehat. Yang paling mempengaruhi penyakit ISPA adalah keadaan udara yang penuh dengan debu, kotoran, polusi sehingga mengurangi jumlah oksigen diudara yang mengakibatkan manusia bahkan hewan dan tumbuhan susah untuk bernapas. Asap atau polusi udara yang kotor ini menyebabkan virus, bakteri bahkan kuman berpindah sangat cepat dan menyebabkan beberapa penyakit lain selain ISPA. Untuk virus, ada beberapa macam jenis virus yang menyebabkan manusia terjangkit penyakit ISPA.


Gejala Penyakit ISPA

Setelah mengetahui definisi serta penyebab penyakit ISPA berikut ini kami juga menghadirkan informasi yang berkaitan dengan gejala penyakit ISPA yang bisa Anda ketahui sejak awal.
  1. Sesak napas
  2. Paru-paru seperti ada penghambat sehingga kita tidak bisa bernapas dengan normal.
  3. Hidung seperti disumbat dan keluar lendir yang mengakibatkan kita sering bersin.
  4. Sering batuk dan tengorokan terasa sakit akibat ada gangguan semacam debu yang ada di tenggorokan.
  5. Merasa lelah dan lemas.

Pada tingkat tertentu, ISPA yang parah bisa menyebabkan gejala seperti susah untuk bernapas, benar-benar kesulitan untuk menghirup udara, tubuh mulai demam dan menggigil akibat banyak bakteri dan kuman yang menyerang sistem kekebalan tubuh, kadar oksigen dalam darah sangat rendah dan yang terakhir adalah biasanya mereka akan pingsan dan harus segera ditangani.


Cara Mengobati Penyakit ISPA

Langkah pertama yang akan dilakukan oleh tenaga medis untuk mengatasi pasien yang mengalami ISPA adalah mereka akan memberikan bantuan pernapasan melalui oksigen yang segar, memberikan infus, kemudian diberikan antibiotik untuk menghilangkan atau mematikan kuman bahkan virus yang masuk kedalam tubuh. Bila keadaan membaik maka pasien dibiarkan untuk terus menghirup oksigen segar agar bisa kembali bernapas normal.

Orang yang menderita penyakit ISPA harus ditangani dengan segera, karena penyakit ini pun bisa berakibat fatal. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga kesehatan pernapasan dan menghindari polusi udara. Demikian adalah informasi singkat mengenai penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit ISPA semoga bermanfaat.