25 Manfaat Ikan Tuna dan Jenis-Jenis Ikan Tuna

Bentuk badan Ikan Tuna jika di perhatikan mirip dengan sebuah torpedo, memiliki sirip di punggung serta memilki moncong yang runcing. Di belakang sirip punggung sampai dengan Ekor terdapat sirip-sirip kecil yang agak sedikit tajam jika di sentuh. Ikan Tuna adalah jenis spesies ikan yang terbilang handal dalam berenang, kecepatan berenang Ikan Tuna bisa mencapai 77 kilometer / jam.

Ikan Tuna merupakan jenis ikan laut pelegik dari bangsa Thunnini dan terbagi menjadi beberapa spesies, yang merupakan bagian dari famili skombride. Bila dibandingkan dengan jenis iklan lainnya, ikan tuna memiliki daging yang berwarna merah muda sampai ada yang berwarna merah tua, karena seperti kita ketahui bahwa kebanyakan ikan memiliki warna daging yang berwarna putih.
Manfaat Ikan Tuna

Salah satu jenis Ikan Tuna yang memiliki fostur tubuh yang lebih besar dari biasanya ialah Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik. Selain tubuhnya yang lebih besar, jenis ikan tuna satu ini juga memiliki keistimewaan lain, yaitu dapat bertahan hidup dalam kondisi suhu air yang beragam, salah satu contohnya, mampu bertahan di air yang memiliki suhu dingin, dengan cara menaikan suhu darahnya sehingga suhu darah Ikan Tuna bisa lebih tinggi dari suhu air.


Jenis Ikan Tuna


Ikan Tuna dari marga Thunnini :
  1. Albakora (Thunnus alalunga)
  2. Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii)
  3. Tuna jabrig atau Madidihang (Thunnus albacares)
  4. Tuna Sirip Hitam (Thunnus atlanticus)
  5. Tuna Sirip Biru Atlantik (Thunnus thynnus) 
  6. Tuna Mata Besar (Thunnus Obesus) 
  7. Tuna Sirip Biru Pasifik (Thunnus Orientalis) 
  8. Tuna karasik (Thunnus Karasicus)
  9. Tongkol Abu-abu (Thunnus tonggol)

Ikan Tuna dari marga familia Scombridae :
  1. Euthynnus affinis
  2. Allothunnus fallai
  3. Katsuwonus pelamis
  4. Auxis rochei
  5. Euthynnus lineatus
  6. Auxis tongolis
  7. Auxis thazard
  8. Euthynnus alletteratus
  9. Gymnosarda unicolor
  10. Thunnus lineaus


Manfaat Ikan Tuna

Setelah mengetahui sepintas mengenai Ikan Tuna, tibalah pada pembahasan selanjutnya mengenai manfaat mengkonsumsi ikan tuna. Mengkonsumsi Ikan Tuna merupakan suatu kewajiban jika tubuh Anda ingin selalu sehat, karena kandungan protein dan vitamin yang terkandung di dalam Ikan Tuna cukup baik untuk tubuh manusia. Sebagaimana dikutip dari manfaat. co. id, dibawah ini ulasan seputar manfaat Ikan Tuna yang barangkali belum Anda ketahui.

  1. Mencegah Penyakit Jantung
    Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup Manusia, karena fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, apabila fungsi kerja jantung terganggu maka akan berakibat fatal bagi manusia yang bisa mengakibatkan kematian. Ikan tuna dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, karena dapat menaikan rasio HDL untuk LDL yang tentunya hal ini dapat menangkal meningkatnya resiko terkena penyakit Jantung, terutama jika Anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh tinggi.

  2. Mencegah Penyakit Kanker
    Penyakit kanker merupakan penyakit berbahaya yang tidak bisa di pandang sepele, penyakit kanker terjadi karena adanya kelainan pada siklus sel yang menyebabkan tidak normalnya pembelahan yang tidak Normal yang melebihi batas. Untuk mengurangi tumbuhnya sel-sel kanker di tubuh Anda, bisa dengan mengkonsumsi ikan tuna secara teratur dan rutin, salah satu jenis kanker yang bisa di atasi dengan rutin makan Ikan Tuna adalah kanker payudara, dan dapat pula mencegah kanker pada ginjal.

  3. Sumber Vitamin B
    Terdapat berbagai macam jenis vitamin yang mungkin sudah sama-sama kita ketahui, salah satu vitamin tersebut adalah Vitamin B, jenis vitamin B berperan penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. kandungan Vitamin B yang ada dalam ikan tuna membantu meningkatkan Energi tubuh serta memelihara dan membangun sel-sel darah, selain itu dengan mengkonsumsi ikan tuna juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta dapat menjaga kulit Anda tetap sehat.

  4. Mencegah Darah Tinggi
    Kandungan Asam lemak Omega 3 yang terkandung dalam Ikan Tuna bisa mencegah timbulnya tekanan darah tinggi pada tubuh Anda. Apabila Anda pada saat ini memiliki tekanan darah Normal dan stabil, Anda bisa memanfaatkan kandungan Omega 3 Asam Lemak yang terkandung dalam Ikan Tuna untuk mencegah Darah Tinggi dan untuk menghindari terkena penyakit tersebut dengan cukupnya asupan Omega 3 Asam lemak.

  5. Mencegah Penyakit Stroke
    Penyakit Stroke menyerang secara mendadak pada tubuh Manusia, penyakit ini terjadi akibat aliran darah yang menyuplai otak terganggu, sehingga otak tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.  Penyakit stroke bisa membuat seseorang menjadi lumpu dan tidak bisa berjalan dengan normal, Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi ikan tuna sekitar 1-4 porsi dari bagian makanannya memiliki 27 % lebih rendah terkena penyakit stroke iskemik, dan lebih dari 5 porsi ikan tuna perminggu memiliki resiko terkena penyakit stroke lebih rendah lagi mencapai 30%.

  6. Sumber Protein
    Protein merupakan senyawa organik yang sangat dibutuhkan tubuh, sumber protein yang pernah kita bahas sebelumnya adalah dari putih telur. Selain dari telur, protein juga bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi Ikan Tuna, kandungan protein yang cukup untuk dapat membantu mempercepat terbentuknya otot-otot di dalam Tubuh.

Barangkali itulah beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh. Selain nikmat saat di santap dan cukup mudah mengolahnya, ikan tuna juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan dapat diandalkan sebagai bahan alami untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya.