Congek - Penyebab, Gejala, Cara Mencegah dan Cara Mengobati Congek

WeSehat.Com - Congek merupakan penyakit telinga yang mengeluarkan air dan tercium bau yang tidak mengenakan. Congek atau radang telinga tengah terjadi akibat adanya infeksi pada gendang telinga baik telinga sebelah kanan maupun telinga sebelah kiri dan penjalaran infeksi dari tenggorokan serta penyakit congek biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit congek akan mengganggu pendengaran si penderita, sebab penyakit ini menyerang organ penting telinga.
Cara Mengobati Congek
(c) duniaq
Salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit congek atau telinga kopok yaitu akibat membersihkan telinga sampai ke bagian dalam hingga mengenai gendang telinga. Banyak orang menganggap bahwa kotoran telinga harus dibersihkan sampai ke bagian dalam, padahal hal tersebut adalah pemikiran salah, sebab jika dilihat dari fungsi nya, cairan lengket yang ada di telinga bagian dalam sebagai filter agar debu dan kotoran dari luar tidak bisa masuk ke dalam sistem pendengaran.

Meskipun kita tidak membersihkan telinga hingga bagian dalam, si kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya seiring dengan pergerakan rahang yang terus menerus mengunyah atau berbicara. Jadi kita harus berhati-hati apabila membersihkan telinga, jangan sampai niat hati ingin telinga bersih malah berakibat fatal hingga terjadinya infeksi dan mengakibatkan timbulnya penyakit congek.


Penyebab Penyakit Congek

  1. Yang paling umum, penyakit congek atau curek disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri.
  2. Congek juga disebabkan oleh penyakit lain seperti alergi atau flu yang bisa mengakibatkan bengkak pada saluran tenggorokan, eustachia dan saluran pernafasan.
  3. Pemicu penyakit congek juga bisa diakibatkan oleh nanallergic rhinitis, yang merupakan peradangan pada saluran nasal yang mempunyai kaitan erat dengan pernafasan dan hidung.
  4. Penyakit congek juga disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga yang terus menerus meskipun peradangan yang di derita sudah sembuh.
  5. Congek juga bisa disebabkan oleh disfungsi saluran eustachia.
  6. Infeksi telinga yang terjadi terus menerus juga dapat mengakibatkan rusaknya gendang telinga dan menjadi salah satu penyebab congek dengan bahasa medis choronic suppurative pttis media.


Gejala Congek Pada Anak-Anak 

  1. Telinga mengeluarkan cairan bening.
  2. Nafsu makan berkurang.
  3. Mengalami pusing atau sakit kepala.
  4. Sulit menyeimbangkan tubuh.
  5. Insomnia atau susah tidur.
  6. Rewel atau sering menangis.
  7. Mengalami diare dan sering muntah.
  8. Terlihat telinga tidak nyaman sehingga Anak suka memegang telinga.
  9. Pendengaran anak berkurang sehingga ketika dipanggil akan lambat merespond.
  10. Anak merasakan sakit telinga terutama saat berbaring.
  11. Demam Tinggi.


Gejala Congek Pada Dewasa

  1. Telinga mengeluarkan cairan putih.
  2. Telinga keluar nanah.
  3. Terjadi radang tenggorokan.
  4. Mengalami nyeri pada telinga.
  5. Pendengaran menjadi berkurang.


Cara Mengobati Congek

Mengobati congek dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan pengobatan medis dengan berobat ke dokter THT, maupun dengan menggunakan cara alami yang memanfaatkan ramuan dan bahan herbal alami. Sebagaimana kami kutip dari kinisehat, dibawah ini merupakan cara mengatasi congek secara alami.

Meskipun memiliki aroma yang menyengat dan sering dijadikan bumbu masakan, bawang putih juga dapat kita andalkan untuk mengobati congek. Selain bisa mengobati congek, penggunaan bawang putih juga dapat mengurangi nyeri yang timbul akibat penyakit tersebut. Cara penggunaannnya cukup mudah, yaitu dengan memakan bawang putih mentah secara langsung.

Daun Anggrek
Bahan lain yang dapat digunakan untuk mengobati congek yaitu daun anggrek yang di ramu dengan kunyit. Caranya, Anda tinggal menumbuk kunyit dan satu genggam daun anggrek hingga halus sampai keluar sari dari kedua tanaman tersebut. Sari dari kunyit dan daun anggrek selanjutnya Anda gunakan untuk membersihkan telinga bagian luar dan meneteskan sarinya sedikit ke dalam telinga dengan menggunakan akar pinang.

Daun Pegagan
Daun yang biasa kita temui di sawah dan pekarangan rumah ini pada umumnya dijadikan sebagai lalapan dan dijadikan rujak yang dimakan bersama sambal. Tanaman pegagan memiliki rasa yang khas di lidah jika kita memakannnya. Kandungan yang terdapat dalam pegagan bisa digunakan untuk mengobati congek. Cara mengobati congek dengan pegagan yaitu dengan menyiapkan satu kepal daun pegagan kemudian ditumbuk hingga halus. Peras tumbukan pegagan tersebut dan ambil airnya. Selanjutnya campurkan sari pegagan tersebut dengan minyak kelapa yang sudah dipanaskan lalu aduk hingga merata, selanjutnya diamkan hingga hangat atau dingin. Basahi caton bud dengan baby oil kemudian celupkan ke ramuan tadi dan teteskan ke telinga yang terkena penyakit congek.

Madu & Kurma
Rasa yang manis dan membuat tubuh menjadi segar mungkin cocok menjadi julukan kedua jenis bahan herbal yang akan kita gunakan untuk mengobati congek kali ini. Ya, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya madu dan kurma. Madu merupakan sari dari bunga alam yang dikumpulkan oleh lebah sehingga timbul tumpukan madu di dalam sangkar lebah tersebut yang selanjutnya diambil oleh manusia. Sedangkan kurma merupakan buah dari tanaman dari timur tengah yang memiliki rasa yang manis pula. Cara menggunakan bahan ini yaitu dengan memakan secara langsung. Kadungan dalam kurma mampu meningkatkan imunitas di dalam tubuh, sehingga penyakit congek meminimalisir penyakit congek, Anda bisa mengkonsumsi 3-4 buah kurma sehati. Sedangkan madu mengandung anti bakterial alami yang dapat mencegah terjadinya iritasi pada telinga.

Teh Bunga Mullein
Teh yang dibuat dari sari bunga mullein dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penggunaan teh dari bunga mullein ini bukan untuk dimunum sebagaimana teh pada umumnya, tapi untuk diteteskan ke dalam telinga yang mengidap penyakit congek. Cara membuatnya, silahkan siapkan teh bunga mullein yang sudah di keringkan secukupnya lalu seduh dengan air mendidih, selanjutnya tambahkan minyak zaitun lalu aduk hingga merata, diamkan ramuan tersebut selama satu malam, keesokan harinya silahkan teteskan telinga Anda dengan ramuan dari teh mullein tadi, lakukan secara teratur supaya penyakit congek yang diderita cepat sembuh.


Cara Mencegah Congek

  1. Jangan sampai telinga kemasukan Air saat mandi atau saat lainnya yang berhubungan dengan air.
  2. Berhati-hati saat membersihkan telinga, hindari penggunaan bahan yang keras atau tajam terutama yang terbuat dari logam dan kayu yang dapat melukai bagian dalam telinga.
  3. Saat membersihkan telinga sebaiknya dilakukan secara pelan-pelan dengan menggunakan benda yang halus seperti cutton bud.
  4. Sebaiknya membersihkan bagian luar telinga saja jangan sampai ke bagian dalam yang dapat membahayakan atau melukai telinga bagian dalam.

Penyakit congek tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi kita mengacuhkan penyakit ini, sebab jika penyakit ini di diamkan terlalu lama akan mengakibatkan pendengaran dan fungsi telinga semakin berkurang dan dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kerusakan organ penting pendengaran. Semoga informasi mengenai penyebab congek, gejala congek, cara mengobati congek dan cara mencegah congek ini bisa bermanfaat.