Manfaat Daun & Buah Labu Siam Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Berbahaya

WeSehat.Com - Tanaman yang merambat dari suku labu-labuan ini biasa kita makan buah dan bagian pucuk yang masih mudanya. Labu siam termasuk jenis buah sayur yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia, karena cukup mudah ditemui dan manfaat labu siam juga cukup banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Labu siam biasanya merambat pada pohon lain, dengan tangkai berbentuk seperti tali.
Manfaat Labu Siam
(c) wikipedia
Labu siam selain tumbuh secara liar karena buah yang sudah tua jatuh dan membentuk tunas juga sering di budidayakan oleh petani yang nantinya buah hasil panen di jual ke pasar. Di dalam sayuran, seperti sayur asam, labu siam tidak pernah ketinggalan melengkapi sayur favorit orang Indonesia tersebut. Selain dibuat sayur, labu siam juga biasa di rebus dan dijadikan lalapan yang di makan bersama nasi putih, sambal dan ikan asin. Selain itu, labu siam juga biasa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Bukan hanya, pada bagian buahnya saja. Daun labu siam juga bisa kita makan, terutama daun pada pucuk yang masih muda, yang sebelumnya di rebus terlebih dahulu. Meskipun pada umumnya labu siam dijadikan makanan, labu siam juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Baik penyakit dari luar, maupun penyakit dari dalam. Seperti dikutip dari manfaat.co.id, beberapa manfaat labu siam diantaranya sebagai berikut.


Manfaat Labu Siam


  1. Obat Batu Ginjal
    Penyakit akibat timbulnya batu pada ginjal khususnya dibagian kantong kemih ini bisa mengakibatkan kendala pada saat buang air kecil. Batu ginjal yang sudah parah bisa mengakibatkan kematian. Maka dari itu penyakit batu ginjal bukan penyakit yang bisa di anggap remeh. Batu ginjal bisa diobati dengan labu siam. Labu siam yang dapat mengobati batu ginjal yaitu pada bagian daun nya, selain untuk batu ginjal, daun labu siam juga mampu mengobati darah tinggi. Hal ini diketahui dari hasil penelitian di North Florida University.

  2. Mencegah Penyakit Jantung
    Kandungan vitamin esensial yang ada dalam labu siam seperti vitamin C mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh radikal bebas tersebut, seperti penyakit jantung.

  3. Mencegah Sembelit
    Sembelit merupakan keadaan saat kita susah mengalami buang air besar. Sembelit terjadi akibat tubuh kekurangan serat sehingga pencernaan kita menjadi kurang lancar. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat menjadi solusi agar pencernaan kita menjadi lancar dan terbebas dari sembelit. Sering mengkonsumsi labu siam bisa membuat pencernaan menjadi lancar yang akan mencegah sembelit, sebab labu siam adalah buah yang mengandung banyak serat.

  4. Mengobati Kembung
    Perut kembung terjadi ketika kita merasakan perut merasa kencang, penuh dan pengap. Perut kembung akan membuat kita kurang nyaman dan merasa tersiksa. Zat diuretik yang terkandung dalam labu siam bisa diandalkan untuk mengobati perut kembung. Jika terkena perut kembung silahkan siapkan teh dan irisan buah labu siam lalu seduh dengan air panas dan di aduk hingga rata, lalu minum saat hangat.

  5. Mencegah Anemia
    Kekurangan sel darah merah membuat kita selalu merasa lemas, ngantuk dan cepat lelah. Anemia akan mengganggu aktifitas keseharian kita, karena tubuh kita lemas dan merasa tidak bersemangat. Jika setelah melakukan tensi darah dan Anda dinyatakan Anemia. Kandungan Zat Besi dan dan Vitamin B2 dalam labu siam bisa menjadi makanan penambah darah, karena dua zat tersebut mampu merangsang produksi hemoglobin dan sel darah merah.

  6. Mencegah Penuaan Dini
    Setiap Manusia yang pasti suatu saat akan menjadi tua seiring dengan berjalannya waktu. Tapi akan menjadi ganjil jika usia masih muda tapi kulit wajah sudah mengalami penuaan yang sering disebut penuaan dini. Labu siam mengandung flavonoid yang cukup baik yang bisa melawan zat-zat berbahaya, salah satu zat berbahaya tersebut yaitu Reactive Oxygen Species (ROS) yang bersifat reaktif yang dapat menyebabkan penuaan dini.

  7. Menurunkan Berat Badan
    Memiliki berat badan yang ideal menjadi harapan banyak orang, meskipun terkadang berat badan yang dimiliki tidak sesuai harapan. Berbagai cara rela dilakukan agar mendapatkan badan yang diinginkan, seperti diet, mengurangi makan, dan mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan rendah kalori. Bicara mengenai makanan rendah kalori dan kaya serat, labu siam adalah jenis sayuran yang merupakan kriteria tersebut, karena dalam 100 g labu siam hanya mengandung sekitar 16 kalori, dan labu siam tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh sama sekali, sehingga cukup baik untuk membantu menurunkan berat badan jika Anda mengkonsumsi labu siam.

  8. Sumber Stamina
    Stamina yang tinggi akan membuat aktifitas yang kita lalui akan menjadi terasa ringan kita lalui. Untuk menambah stamina tubuh ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium sebagai sumber stamina tubuh. Di dalam labu siam juga terkandung potassium sekitar 125 gram dalam 100 gram, yang tentunya akan menambah stamina kita jika mengkonsumsi labu siam ini.

  9. Mencegah Kanker
    Kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya. Jika terkena penyakit kanker dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan kematian jika di diamkan. Maka dari itu, mencegah kanker manjadi cara paling efektif agar kita dijauhkan dari penyakit ini. Kandungan anti oksidan dalam labu siam seperti Luteolin dan Apigenin mampu membersihkan radikal bebas sehingga dapat mencegah penyakit kanker.

  10. Mencegah Stroke
    Stroke terjadi akibat aliran darah yang menyuplai otak terhambat secara tiba-tiba, sehingga otak yang mengendalikan beberapa anggota tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penyakit stroke biasanya menyerang orang yang sebelumnya terkena darah tinggi. Penyebab penyakit stroke lainnya adalah tingginya jumlah homocysteine di dalam darah. kandungan folat dalam labu siam mampu menstabilkan homocysteine dalam darah sehingga bisa meminimalisir terkena penyakit stroke.

Itulah beberapa manfaat labu siam untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Selain khasiat nya yang sangat luarbiasa, labu siam juga cukup enak di makan, apalagi dijadikan olahan dengan berbagai macam bumbu. Konsumsi terus labu siam agar kita mendapatkan khasiat yang ada di dalamnya.