Angin Duduk - Penyebab, Gejala, Jenis, Cara Mengobati dan Cara Mencegah

WeSehat.Com - Masuk angin terjadi ketika berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Kebanyakan orang pasti pernah merasakan yang namanya masuk angin, entah itu setelah berkendara, setelah hujan-hujanan atau penyebab lainnya yang membuat tubuh merasa dingin, hal tersebut terbilang wajar, sebab penyakit masuk angin biasanya terjadi setelah tubuh merasa kedinginan. Tapi disini kita tidak akan membahas lebih banyak mengenai masuk angin biasa, tapi yang akan kita bahas mengenai Angin Duduk.

Angin Duduk
(c) disehat

Diantara kita masih saja ada yang menganggap bahwa masuk angin biasa sama dengan angin duduk, padahal antara keduanya sangat berbeda meskipun namanya sama-sama angin. Anda penasaran mengenai Angin Duduk? Kira-kira apakah angin duduk itu ? Sejenis penyakit atau sebutan tentang kelainan dalam tubuh ? Simak informasinya lengkapnya dibawah ini.


Pengertian Angin Duduk

Angin duduk merupakan kondisi saat Anda mengalami nyeri pada bagian dada yang diakibatkan oleh otot jantung yang tidak mendapat pasokan darah, sehingga terjadi kekurangan pasokan darah yang menyebabkan pengerasan dan juga penyempitan pembuluh darah. Sehingga menyebabkan Anda mengalami nyeri dada dan biasanya angin duduk atau biasa disebut dengan angina ini terjadi secara tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya.

Nah sekarang Anda sudah paham kan mengenai definisi angin duduk ? Jadi angin duduk ini menyerang bagian pembuluh darah akibat tidak mendapat suplai darah yang sesuai dengan kebutuhan dan membuat peredaran darah terhambat.


Jenis-Jenis Angin Duduk

Yang mengalami masalah angin duduk adalah pembuluh darah jantung, yaitu koroner. Dalam angin duduk ini dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan pada tingkat permasalahan yang memicu penyempitan di pembeluh koroner, berikut diantaranya.

Angin duduk stabil

Yang disebut dengan angin duduk stabil adalah keadaan yang menimbulkan terjadinya angin duduk akibat aktivitas atau kegiatan fisik Anda, salah satu diantaranya adalah melakukan olahraga. Jika seseorang melakukan olahraga ataupun melakukan kegiatan yang cukup menguras energi, maka jantung pun membutuhkan suplai dara yang cukup banyak. Jika darah tidak tercukupi dengan baik, maka pembuluh koroner akan bermasalah dan terjadilah penyempitan. Selain olahraga dan kegiatan yang cukup melelahkan, faktor lainnya yang bisa menyebabkan Anda bermasalah dengan pembuluh koroner adalah kebiasaan buruk seperti udara dingin, merokok, makan berlebihan dan depresi.

Angin duduk labil
Berbeda lagi dengan angin duduk labil, kondisi ini terjadi bila terdapat timbunan lemak yang menutupi aliran darah sehingga mengurangi pasokan darah yang akan menuju ke jantung. Sayangnya untuk angin duduk tidak stabil ini akan terus terjadi meskipun Anda sudah minum obat dan beristirahat. Jika pada kondisi ini penderita tidak segera ditangani maka yang akan terjadi adalah resiko serangan jantung.

Informasi mengenai 2 jenis angin duduk tersebut setidaknya bisa membantu Anda mengetahui lebih banyak mengenai permasalahan yang terjadi pada kesehatan jantung dan pembuluh darah manusia.

Diagnosa Dokter Mengenai Angin Duduk
Dan berikut ini adalah beberapa langkah atau diagnosa yang sering dilakukan oleh dokter untuk menganalisa pasien yang mengalami masalah angin duduk, baik yang stabil maupun yang tidak.

Pertama kali, pasti dokter akan mewawancara kita dengan memberikan pertanyaan seputar riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung dan juga kebiasaan buruk apa yang sering dilakukan, misalnya apakah Anda suka minum alkohol, merokok, dan makan makanan yang tidak sehat.

Selain itu untuk memastikan keadaan pasien biasanya dokter akan mengukur berat badan, tinggi badan dan juga tekanan darah serta untuk pemeriksaan lebih lanjut, dokter akan mengorek info berkaitan dengan kondisi gula dalam darah, jumlah kolesterol, kondisi ginjal dan keadaan darah.

Setelah mengetahui secara jelas mengenai pengertian angin duduk, kali ini kita lanjutkan pada penjelasan detail yang masih memiliki kaitan dengan gangguan pembuluh darah ini, diantaranya adalah mengenai penyebab, gejala, cara melakukan pencegahan dan cara untuk mengatasi masalah angin duduk. Berikut ulasan angin duduk akan diuraikan satu per satu secara rinci.


Gejala Angin Duduk

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasa dirasakan oleh penderita angin duduk, gejala-gejala yang sering kali terasa adalah sebagai berikut.
  1. Merasa mual dan ingin muntah 
  2. Keluar keringat secara berlebihan 
  3. Terjadi sesak napas 
  4. Gelisah tidak jelas 
  5. Nyeri pada dada yang bisa menyebar ke lengan kiri, leher maupun punggung dan rahang 
  6. Pusing di kepala 
  7. Serta tubuh merasakan kelelahan 

Jika Anda merasakan 7 gejala diatas, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena di khawatirkan bila keadaan Anda semakin buruk.


Penyebab Angin Duduk

Diatas Anda sudah belajar mengenai gejala yang biasa dialami oleh penderita angin duduk, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena penyakit angin duduk.
  1. Hipertensi
    Orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, bisa menyebabkan terjadinya angin duduk. Karena orang yang memiliki hipertensi peredaran darahnya kurang lancar.
  2. Stress
    Gangguan mental seperti stres dan depresi juga menghambat aliran darah dalam tubuh sehingga tubuh akan kekurangan suplai darah dan yang terjadi adalah penyempitan pembuluh darah dan menyebabkan seseorang mengalami angin duduk.
  3. Kolesterol yang cukup tinggi
    Jika kolesterol cukup tinggi, hal ini juga beresiko akan terjadinya angin duduk. Karena darah yang akan masuk ke jantung terhalang oleh lemak.
  4. Merokok
    Kebiasaan buruk seperti merokok sudah pasti menyebabkan peredaran darah tidak normal dan penyempitan pembuluh darah, tak heran jika perokok sering kali mengalami masalah sesak di dada.
  5. Memiliki diabetes
    Orang yang menderita diabetes juga beresiko terkena angin duduk karena pasokan darah tidak lancar dikarenakan darah penuh dengan glukosa yang bisa menyebabkan jantung bermasalah.
  6. Obesitas
    Memiliki berat badan berlebihan atau obesitas ternyata mampu membuat seseorang bisa beresiko terkena angin duduk, oleh karena itu cobalah untuk diet ketat sehingga Anda lebih sehat.
  7. Kurang olahraga
    Orang yang jarang berolahraga pasti memiliki jantung yang kurang sehat, oleh karena itu luangkan waktu untuk olahraga ringan agar Anda tidak mengalami penyempitan pada pembuluh darah.
  8. Riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung
    Jika di keluarga Anda memiliki keturunan penyakit jantung, bisa jadi hal ini berdampak pada kesehatan jantung Anda.
  9. Usia
    Dan yang terakhir adalah usia bisa menyebabkan seseorang rentan terkena masalah angin duduk. Usia yang semakin tua semakin beresiko terkena angin duduk.


Cara Mencegah Angin Duduk

Setelah mengetahui gejala dan penyebab angin duduk, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan dan sangat bermanfaat untuk menegah terjadinya angin duduk.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung
    Bila Anda ingin terhindar dari angin duduk yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, maka Anda harus bisa mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, misalnya Anda makan makanan dari sayur dan buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi, mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh dan jantung seperti kalsium, kalium, magnesium, potasium dan masih banyak lainnya.
  2. Menghindari makanan yang bisa membahayakan jantung
    Dan yang paling penting adalah Anda juga harus bisa menghindari makanan enak yang akan membuat jantung Anda bermasalah, diantaranya adalah seafood, jeroan, makanan yang dibakar menggunakan arang dan beberapa makanan berlemak yang sudah pasti tidak baik untuk keehatan Anda.
  3. Olahraga rutin
    Jangan lupa untuk membuat jadwal olahraga rutin yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan jantung Anda, sekalipun olahraga yang Anda lakukan sangat ringan seperti jogging, senam ataupun renang.
  4. Menjaga berat badan ideal
    Dan mulailah untuk menjaga berat badan, jangan sampai Anda memiliki berat badan berlebihan yang bisa menyebabkan keadaan tubuh Anda besar dan lemak memenuhi ruang jantung Anda yang beresiko menimbulkan berbagai penyakit.
  5. Menghindari minuman keras dan merokok
    Inilah saran terakhir agar Anda bisa terhindar dari angin duduk yaitu mengurangi kegiatan mengkonsumsi minuman beralkohol dan aktivitas merokok yang tidak mendatangkan keuntungan sama sekali bagi kesehatan tubuh.


Cara Mengatasi Angin Duduk

Dibawah ini kami akan menyajikan informasi yang berkaitan dengan cara mengatasi angin duduk, baik secara medis maupun secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

Jika Anda telah diketahui bermasalah dengan pembuluh darah dan angin duduk, maka dokter akan memberikan obat diantaranya sebagai berikut.
  1. Obat statin 
  2. Obat penghambat enzim pengubah angiotensin 
  3. Obat yang mengandung nitrat 
  4. Obat pencegah pembekuan darah 
  5. Obat yang mengandung aspirin 
  6. Obat yang menghambat beta
  7. Obat penghambat saluran kalsium dalam tubuh 
  8. Obat nicorandil dan ivabradine 

Dan jika masalah gangguan pada jantung serta pembuluh darah Anda sudah terlalu parah, biasanya dokter akan mengambil tindakan dengan melakukan operasi, diantaranya adalah operasi bypass dan operasi angioplasti.

Bila Anda masih dalam masa penyembuhan, ada baiknya jika Anda merawat kesehatan dengan baik seperti yang kami sarankan dibawah ini.

  1. Selama penyembuhan, Anda harus bisa menghindari perokok agar tidak terkena asap rokok.
  2. Jika Anda menderita diabetes, selalu kontrol tingkat gula darah Anda.
  3. Hindari minuman keras dan kurangi minuman berlakohol selama proses penyembuhan.
  4. Makan lah makanan bergizi seperti sayur, biji-bijian, buah dan hindari makanan yang mengandung garam.
  5. Makan sesuai dengan porsi, jangan terlalu banyak.
  6. Hindari depresi atau memikirkan hal-hal yang akan membebani Anda.
  7. Kurangi aktivitas fisik disaat tubuh Anda kurang sehat.
  8. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, milikilah program penurunan berat badan secara efektif.


Demikian adalah beberapa cara mengatasi angin duduk yang biasa dilakukan oleh dokter dan yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Saat pemeriksaan pun ada beberapa cara yang sering kali dilakukan dokter untuk menemukan permasalahan jantung Anda diantaranya adalah cek ekokardiogram, elektrokardiogram, CT scan, tes ketahanan jantung, MRI scan, angiografi jantung dan skintigrafi jantung.

Jadi kesimpulan dari informasi kali ini adalah kita harus bisa menjaga kesehatan jantung dengan baik, sekedar mengetahui masalah jantung cukup baik karena bisa membuat kita lebih berhati-hati lagi agar tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat jantung kita bermasalah. Bahkan angin duduk pun tidak boleh dianggap remeh karena bisa berdampak pada resiko serangan jantung. Semoga informasi diatas bermanfaat dan kita semua memiliki jantung yang sehat.