Penyakit Ebola - Penyebab, Gejala, Cara Menghindari dan Cara Mengobati

WeSehat.Com - Pernahkah Anda mendengar mengenai suatu penyakit dengan nama ebola ? Mungkin penyakit ini jarang diderita oleh masyarakat Indonesia, karena pada umumnya penyakit ini diderita oleh negara-negara miskin yang memang kualitas hidup serta tingkat kepedulian akan kesehatan dan kebersihan masih sangat rendah.
Cara Mengobati Penyakit Ebola
(c) petsworld
Salah satu daerah dunia yang memiliki banyak penderita ebola adalah Afrika. Disana ada banyak orang yang mengalami penyakit ini dan tidak tertangani dengan baik. Penyakit ebola disebabkan oleh virus yang akhirnya mampu membuat korban tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat.Untuk lebih jelasnya, berdasarkan sumber dari wikipedia, berikut ini telah kami siapkan mengenai materi yang berkaitan dengan penyebab, gejala, cara menghindari dan cara mengatasi penyakit ebola.

Penyebab Penyakit Ebola

Telah dijelaskan diatas bahwa penyakit ebola disebabkan oleh virus yang menyerang manusia, kemudian virus ini menginfeksi seluruh aliran darah, bahkan bisa menyebabkan penyakit lainnya. Jadi virus ebola sangat berkembang cepat pada darah, baik dari darah hewan maupun manusia. Biasanya hewan yang dekat dengan virus ebola adalah kelelawar dan monyet. Bila kita terkena kontak langsung dengan hewan atau orang yang menderita penyakit ebola, saat itu juga virus akan bermigrasi ke tubuh kita.

Gejala Penyakit Ebola

Memang penyakit ebola ini berbahaya dan bisa menular kesiapa saja, bahkan gejala penyakit ebola pun cukup menyeramkan dan berikut ini adalah beberapa informasi mengenai gejala yang biasa dialami oelh para penderita ebola di awal fase sakit.

  1. Anda akan merasa aneh setelah 3 hari terinfeksi oleh virus ebola, biasanya Anda akan mengalami demam.
  2. Selain itu Anda juga akan merasakan sakit pada bagian tenggorokan.
  3. Adanya nyeri otot di beberapa bagian tubuh diseratai dengan sakit kepala.
  4. Dan parahnya lagi bila Anda mengalami mual, kemudian muntah dan diare. Sehingga menurunkan daya tahan tubuh.
  5. Dan apabila sudah parah, biasanya akan mulai menyerang bagian hati dan ginjal. Dan pada fase inilah biasa terjadi pendarahan dalam tubuh.


Cara Menghindari Penyakit Ebola

Karena ebola adalah penyakit yang menular yang disebabkan oleh virus, maka untuk mencegah penyakit ebola yaitu salah satunya dengan cara menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus ini, seperti bersentuhan secara langsung, apalagi sampai terkena cairan dari dalam tubuh si penderita.

Anda juga harus berhati-hati terhadap barang apapun yang pernah digunakan oleh orang yang pernah di pakai atau di sentuh si penderita, seperti baju, handuk, sepatu, tempat tidur dll. Jika di rumah sakit yang sedang merawat pasien ebola, gunakanlah selalu alat pelindung seperti masker, sarung tangan dan alat pelindung lainnya, serta selalu mencuci tangan secara rutin dengan sabun anti septik.

Hati-hati dan waspada terhadap daging hewan liar yang di konsumsi secara mentah, serta jauhi hewan-hewan yang terinfeksi virus ebola seperti monyet, kera dan kelelawar, karena bisa menularkan virus ebola kepada manusia jika melakukan kontak langsung dengan binatang tersebut yang terinfeksi.

Cara Mengatasi Penyakit Ebola

Hingga detik ini ebola menjadi masalah yang serius dan menjadi perhatian bagi masyarakat dunia, karena belum ada cara yang langsung bisa menyembuhkan penderita dari penyakit ebola ini. selain karena gejala yang dialami penderita, untuk mendeteksi apakah mereka terkena penyakit ebola atau tidak pun harus melakukan tes darah RNA dan hal ini tidak bisa begitu saja dilakukan.

Karena penanganan penyakit ini terkesan lambat, banyak masyarakat di Afrika yang akhirnya mati karena tidak kuat menahan sakit akibat serangan virus ebola. Bila ada orang Indonesia yang terkena penyakit ebola itu berarti mereka sering melakukan perjalanan ke berbagai Negara. Karena di Indonesia sendiri masih jarang ditemukan kasus penyakit ebola apalagi dalam kondisi parah. Penanganan untuk penderita penyakit ebola ini pun harus benar-benar bebas dari kuman dan steril, bila tidak maka akan menambah parah keadaan pasien.

Semoga informasi mengenai penyebab, gejala dan cara menghindari penyakit ebola bisa menginspirasi Anda untuk tetap berprinsip hidup sehat. Selain itu menjauhi hal-hal yang bisa memicu timbulnya penyakit ebola menjadi jalan terbaik. Bila Anda datang ke negara yang memiliki jumlah penderita ebola cukup besar, hati-hatilah, gunakan masker dan gantilah pakaian Anda segera ketika sudah sampai dirumah. Cara sederhana ini tanpa disadari bisa membuat Anda jauh dari virus ebola yang bisa mematikan siapa saja tanpa pernah diketahui apa gejala pasti sebelumnya.